Asal Mula Telepon Seluler

Filed under: by: ecko


Setelah kita bicara tentang pabrikan telepon seluler terbesar didunia maka sekarang kita akan membahas bagaimana telepon seluler itu ditemukan dan di kembangkan. Ponsel pada dasarnya merupakan gabungan dua teknologi, yaitu telepon dan radio komunikasi.
Marilah kita tengok ke belakang, dulu pada tahun 1876 seseorang berhasil menemukan sebuah perangkat yang dapat digunakan untuk berkomunikasi menggunakan media kabel. Alexander Graham Bell adalah orang itu. Berkat beliau kita bisa melakukan komunikasi dengan menggunakan media kabel.

Setelah itu perkembangan penelitian itu semakin berkembang dan pada tahun 1880 seseorang bernama Nikolai Tesla berhasil menemukan komunikasi melalui media udara atau yang kita kenal dengan wireless. Penemuan itu kemudian di sempurnakan oleh temuan Guglielmo Marconi pada tahun 1894 sehingga terciptakan sebuah komunikasi yang tanpa penghantar yaitu komunikasi radio.

Berkat kedua penemu itu kemudian kita bisa menggunakan telepon seluler atau yang karab kita sebut handphone. Kenapa bisa? Marilah kita simak ulasan berikut. Sebelum orang menggunakan telepon seluler yang kita pakai sekarang ini orang dulu menggunakan sebuah telepon yang di gabungkan dengan radio dan perlatan itu kemudian di kenal dengan nama telepon radio.

Pada mulanya telepon radio di pasang di mobil, dan setiap kota terdapat sebuah tower antena. Mungkin kita bertanya-tanya kenapa harus di pasang di mobi? Karena setiap kota hanya mempunyai satu buah tower pemancar sehingga masing-masing pesawat telepon radio itu harus mempunyai daya yang cukup besar karena membutuhkan daya pancar atau transmit yang kuat untuk menjangkau tower antena. Kelemahannya lagi dari sistem ini adalah pada channel. Kenapa? Karena setiap tower antena di pusat kota ini hanya mempunyai 25 channel, sehingga tidak semua orang dapat menggunakannya pada saat bersamaan.

Setelah terjadi berbagai kendala dan ditemukannya kelemahan telepon radio ini, kemudian di ciptakan sebuah sistem seluler. Sistem ini membagi sebuah kota/daerah menjadi beberapa sel kecil. Pembagian ini akan menciptakan sebuah komunikasi yang dapat di gunakan oleh jutaan orang secara bersamaan karena memungkinkan terjadinya pengulangan frekuensi pada satu kota.

Sungguh perkembangan penemuan dan inovasi yang mengesankan. Perkembangan yang tercipta agar kita bisa menikmati sebuah alat telekomunikasi seluler yang simpel dan mudah untuk di gunakan. to be continued.....

0 comments: