Informasi dan Istilah dari Sebuah Ponsel

Filed under: by: Senarai Kehidupan


Ketika kita memegang sebuah barang mewah pastinya akan ada tanda pengenal. Begitu juga dengan handphone, ya walaupun akhir-akhir ini handphone sudah bukan barang mewah tapi tetap harus mempunyai tanda pengenal yang biasanya di sebut IMEI. Apakah IMEI itu dan apakah ada istilah-istilah lainnya dalam sebuah telepon seluler (handphone)? Marilah kita cari tau.

Handphone atau yang di sebut dengan ponsel, barang atau alat komunikasi ini sangatlah unik dan menarik. Dulu sebelum populer ponsel merupakan barang mewah yang bisa meningkatikan prestise seseorang di mata orang lain ataupun kolega kita. Karena termasuk barang pribadi jadi sebuah ponsel dilengkapi dengan sebuah tanda pengenal yang kita sebut ESN. ESN sendiri merupakan singkatan dari Electronic Serial Number, dari kepanjangannya sudah ketahuan kalau itu merupakan sebuah nomor penanda tapi bentuknya digital.

ESN terdiri dari 32 bit yang terdiri dari 8 digit kode manufaktur dan 6 digit reserved. Mungkin kita bertanya-tanya bukannya tanda pengenal ponsel itu Imei? ESN adalah serial number sebuah ponsel tapi ponsel-ponsel zaman dahulu, karena adanya pengembangan dan sekarang sudah di jadikan menjadi 56 digit sehingga dirubahlah menjadi sebuah IMEI.

Imei sendiri memiliki format yang cukup unik. Tidak seperti ESN, struktur nomor IMEI adalah AA-BBBBBB-CCCCCC-D . dengan A merupakan Reporting Body Identifier, B adalah Lanjutan TAC, C adalah Nomor seri perangkat dan D adalah Cek digit. Contohya pada IMEI 35-209900-176148-1 mengandung informasi sebagai berikut
TAC: 352099, bahwa nomor diterbitkan oleh BABT dan memiliki nomor alokasi 2099
FAC: 00, bahwa perangkat diberi nomor pada saat masa transisi dari format baru ke format lama
SNR: 176148, menunjukkan nomor seri unik
CD: 1, menunjukkan GSM Phase 2 atau lebih tinggi

Setelah nomor identitas sebuah ponsel, ada sebuah kode yang disebut dengan nama MIN. MIN (Mobile Identification Number ) adalah 10 digit dalam sebuah sim card atau yang akrab kita kenal dengan kartu telepon. Perkembangan sim card sendiri berawal dari tahun 1991 dimulai dengan penemuan oleh Giesecke dan Devrient yang menemukan sebuah munich card. Dan terus berkembang hingga saat ini yang disebut dengan SIM ( Subcriber Identity Modul ).

Selanjutnya adalah RUIM. RUIM sendiri merupakan sebuah singkatan dari Removable User Identity Modul yang merupakan sebuah istilah dalam sebuah ponsel CDMA. Sebenarnya masi banyak istilah-istilah lain yang ada pada sebuah ponsel.

0 comments: