Kategori Ponsel Nokia GSM

Filed under: by: Senarai Kehidupan


Nokia adalah sebuah pabrikan ponsel terbesar dan terkuat yang pernah ada di dunia ini. Sejarah sudah mencatat perkembangan Nokia dari yang berawal dari usaha bubur kayu hingga sampai merger dan membentuk suatu usaha riset tentang alat komunikasi. Disini kita membahas beberapa kategori ponsel nokia yang masih ada di zaman sekarang ini tentunya, mengingat kategori ponsel pertama sudah di bahas di artikel yang lain.

Ponsel-ponsel klasik dengan layar masih monochrom dan suara masih monophonic dengan tampil dengan gaya jadulnya. Ponsel ini tergolong ponsel gsm keluaran nokia yang lumayan lama, DCT3 adalah sebutan dari ponsel ini. Walaupun lumayan asing di telinga kita, tapi ponsel ini tergolong ponsel yang mempunyai daya tahan yang lumayan bagus karena dengan desain yang cukup kokoh dan dengan program yang lumayan simple (sederhana) tidak seperti ponsel-ponsel zaman sekarang yang cenderung menonjolkan kemewahan desain luar dan kekomplitan program-program yang ada. Walaupun sudah termasuk jadul dan sudah mulai ditinggalkan, tetapi ponsel ini masih banyak digunakan di negara-negara maju terutama para pebisnis.

Setelah DCT3 kemudian nokia kembali melakukan riset dan akhinya mengeluarkan ponsel smartphone. Ponsel ini disebut DCT4 yang merupakan pengembangan dari ponsel DCT3 keluaran ponsel nokia sebelumnya. Untuk Hardwarenya sendiri ada perkembangan, karena sebagian ponsel DCT4 sudah menggunakan layar warna, ringtone polyphonic dan juga tambahan program untuk menginstal atau menambah aplikasi yaitu java. Tambahan program java ini sendiri hanya kompatibel dengan program berekstensi jar dan file nya pun masih relatif kecil menyesuaikan dengan program yang tertanam di dalamnya juga masi tergolong sederhana.

Setelah berhasil menarik pasar dengan ponsel smartphonenya nokia kembali mengeluarkan ponsel baru yang kali ini menonjolkan sisi komunikatornya. Yups benar nokia mengeluarkan ponsel komunikatornya yang di sebut DCTL atau Dirrect Linda. Ponsel ini merupakan jenis ponsel komunikator pertama yang beredar di masyarakat. Ponsel nya sendiri pertama kali keluar masi tergolong sederhana tetapi sudah memenuhi fitur-fitur yang cukup untuk menjalankan aplikasi konunikasi, maklum saja karena ponsel ini memang khusus di desain untuk para pebisnis yang membutuhkan peralatan yang cukup canggih dan komplit untuk menjalankan bisnisnya. Ponsel jenis ini sampai sekarang sudah mengalami perkembangan yang pesat sampai sekarang, tidak seperti ponsel-ponsel selanjutnya yang sudah tidak di produksi lagi (DCT3 dan DCT4).

Lain halnya dengan DCTL yang masih berkembang saat ini dan masih diproduksi, DCT3 yang sudah tidak di produksi kemudian dikembangkan ke tipe di atasnya yang lebih kompatibel dan memanjakan penggunanya dengan keleluasaan memilih program aplikasi dan fitur-fitur yang lebih menarik lagi. Ponsel ini juga sudah mempunyai sebuah operating sistem sendiri tentunya uang di khususkan pada ponsel. Ponsel ini disebut WD2 (Watch Dog 2) dengan lebih mewah desainnya dengan layar warna, ringtone polyphonic n mp3, pemutar musik dan video, aplikasi dan games, kamera dan operating sistem yang di sebut symbian tentunya. Dengan kemewahan itu tentunya pasti ada kelemahan. Kelemahan ponsel ini terletak di program ponselnya sendiri karena operating sistem yang tertanam di ponsel ini terlalu terbuka sehingga membuat ponsel jenis ini rentan terserang program perusak atau yang kita kenal dengan virus.

Setelah WD2, nokia mengeluarkan jenis ponsel lainnya yang merupakan penyempurnaan dari tipe-tipe sebelumnya dan menyebutnya dengan BB5 yang akhir-akhir ini lagi booming. BB5 sendiri merupakan singkatan dari Base Band. Kelebihan ponsel ini mampu melakukan data transfer wireless yang cukup besar karena sudah tertanam perangkat 3G (Generasi ke 3) di dalamnya. 3G sendiri merupakan perkembangan dari yang sebelum-sebelumnya, bahkan sekarang sudah masuk ke generasi 3,5 atau HSDPA. Kecepatannya data transfernya pun lebih menakjubkan di banding dengan generasi sebelumnya.

0 comments: