Penanganan Masalah Software pada Ponsel Bersistem Operasi Symbian 60v2

Filed under: by: Senarai Kehidupan


Perlukah kita datang ke service centre handphone ketika ponsel kita rusak?
Pasti reaksi seorang user akan langsung di bawa ke tempat service baik service resmi ataupun service jalanan. Hmmm.... bagi mereka yang beruang sih fine-fine aja, la kalo bagi para pelajar yang uang sakunya di batasi tapi pengen hp mewah dan ternyata tiba-tiba terjadi kerusakan pada ponselnya? tentulah mereka akan mencari jalan untuk memperbaikinya dengan biaya ringan atau bahkan mereka mereka perbaiki sendiri kalau bisa.

Pada kesempatan ini kita akan membahas kerusakan yang masih bisa kita perbaiki dengan tangan kita sendiri ketika kita punya sebuah ponsel yang lumayan mewah, yaitu pada ponsel-ponsel yang bersistem operasi symbian. Definisi tentang apa itu symbian dan sejarah perkembangannya sudah di bahas pada artikel sebelumnya. Bagi para pengguna ponsel bersistem operasi symbian silakan perhatikan dengan sesama.

Ada kalanya kemudahan dan kemewahan sebuah ponsel dapat memanjakan user atau penggunanya, tapi apakah itu tidak ada efek samping dari semua fasilitas itu? Jawabnya pastilah ada, karena setiap sesuatu yang terbuka untuk di ekspansi pasti akan memberikan celah kepada program untuk merusak (yang kita kenal dengan kena virus) atau kelebihan beban karena terlalu banyak aplikasi yang tersimpan. Tidak jarang ponsel symbian hang, blank putih, muncul tulisan contact retailer muncul logo terus mati atau bahkan mati total. Dari kesemua itu mungkin kita berasumsi kalau pasti sulit melakukan perbaikan apa lagi mati total.

Untuk penanganan ponsel bersistem operasi symbian pertama kita harus tahu sebab kenapa ponsel kita itu mati. Apakah setelah menerima transfer data melalui koneksi bluetooth dari teman, setelah menginstall aplikasi, atau bahkan rusak secara tiba-tiba tanpa ada sebabnya. Sebelum kepada penanganan lebih lanjut secara logika ketika sebuah program terinstal dan tertanam dalam sebuah perangkat pastilah sudah di pikirkan masalah keseimbangan dan kompatibelnya terhadap perangkat yang ada. Tak jarang kesalahan di lakukan para user awam yang tidak mengerti tentang masalah perangkat lunak atau software, jadi kadang orang menginstal dan menguninstal aplikasi asal-asalan. Karena seberapa kuatnya program apabila sebuah program terbuka pastilah akan mengalami ketidak stabilan ketika di dalamnya terjadi proses loading data yang tidak sewajarnya (kacau). Kekacauan yang menyebabkan ketidak stabilan itu membuat data program atau main data pada sebuah perangkat ponsel itu akan rusak dan bahkan bisa tidak berjalan lagi.

Ketika main data program pada sebuah ponsel rusak, maka ponsel tidak akan berjalan dengan baik. Seperti blank putih, booting hanya sampai logo dan mati pada hitungan ketiga dan tertulis contact retailer pada layar LCD ponsel. Kalau ini terjadi pada ponsel anda yang termasuk dalam kategori WD2 atau ponsel yang memiliki sistem operasi symbian 60v2 masih ada kesempatan untuk melakukan perbaikan sendiri. Karena kemungkinan besar kerusakan seperti ini merupakan sebuah kerusakan software yang tidak terlalu berat.

Cara melakukan perbaikannya adalah dengan menformat semua data yang ada pada ponsel agar kembali kepada pengaturan pabrikan ponsel tersebut. Cara ini dapat dilakukan dengan dua cara yaitu melalui box repair dan bisa dengan tangan kita sendiri (khusus symbian 60v2). Untuk kesempatan ini kita akan membahas perbaikan kerusakan software pada ponsel symbian 60v2 dengan menggunakan tangan kita sendiri.

Sebelum kita melakukan format ponsel melalui tangan kita sendiri kita lihat apakah ponsel masih bisa jalan normal tapi kadang softwarenya ngacau atau sudah tidak berjalan sama sekali. Untuk kerusakan ketika ponsel rusak terkena virus dan masih bisa jalan tetapi beberapa program atau aplikasi kadang ngacau masih bisa kita gunakan kombinasi angka pada ponsel dengan mengetikkan di layar utama ponsel (soft reset).
Cara melakukan soft reset=> Ketika kita sudah menyalakan ponsel dan sudah memasuk menu utama ponsel maka ketikkan *#7370# atau *#7780# kemudian pilih OK. Untuk kode standart adalah 12345 kemudian tekan Yes. Maka ponsel akan meformat secara otomatis dan akan mereset dengan sendirinya. Tunggu sampai proses selesai karena proses ini akan lebih lama dibandingkan dengan kita melakukan restart sendiri.

Untuk ponsel yang benar-benar tidak bisa hidup sampai dengan menu utama maka kita bisa melakukan perbaikan dengan hard reset.
Cara melakukan hard reset=> tekan tombol *, 3 , call/OK secara bersama-sama dan sekaligus. Bersamaan kita tekan ketiga tombol itu mulailah tekan tombol ON/OFF dan tunggu sampai muncul tulisan formatting di layar ponsel. Tunggu sampai prosesnya selesai kemudian ponsel akan melakukan restart dan booting ulang dengan sendirinya.

Semua cara itu sudah teruji dan terbukti berhasil pada ponsel nokia bersistem operasi symbian 60v2 yaitu 7610, 6600 dan 6670. Dengan catatan tenaga baterai harus cukup untuk melakukan formating tersebut, usahakan baterai pada kondisi penuh agar proses berjalan sampai selesai dan tidak berhenti di tengah-tengah. Untuk kerusakan software yang parah di sarankan menggunakan box flasher. Untuk langkah awal coba gunakan FUA (Format User Area) buat langkah awal agar resiko lebih kecil, kalo masih belum bisa baru lakukan Flashing.

0 comments: