7 Langkah Jitu Menangani Ponsel yang Terkena Air

Filed under: by: Senarai Kehidupan


Setiap orang pasti pernah lalai ataupun teledor dengan barang-barang yang mereka miliki, termasuk dengan ponsel mereka. Tentunya semua itu di luar perhitungan dan perkiraan kita untuk itu di sini kita akan membahas bagaimana cara untuk meminimalisasi kerusakan yang dapat terjaddi ketika kita mengalami musibah pada ponsel kesayangan kita. Karena masalah kerusakan ponsel sangatlah kompleks untuk itu pada kesempatan kali ini kita akan menfokuskan pada penanganan ponsel yang tanpa sengaja terendam atau terkena air. Karena masalah ini cukup riskan dan penting mohon perhatikan beberapa ulasan, paparan dan tips berikut ini.

Pertama
, ketika kita mengalami hal yang tidak kita inginkan tetaplah tenang jangan panik. Walaupun orang berfikir hanya kejadian kecil tapi mulailah lebih detail menyikapi suatu masalah agar hasilnya sempurna dan seperti yang kita rencanakan dan kita inginkan. Halah kuk malah ngalntur gini ya? Mmmm yang pasti dengan ketenangan lakukan langkah selanjutnya.

Kedua
, langsung ambil ponsel yang sempat terkena air atau bahkan terendam di dalam air. Ini dilakukan agar ponsel tidak terendam terlalu lama di dalam air, agar air tidak menyentuh atau mencapai bagian vital dari ponsel yaitu bagian mainboard. Didalam mainboard ini semua proses dan kerja yang ada diponsel dilakukan oleh rangkaian elektronika, dan tentunya terbuat dari komponen-komponen elektronika yang rawan hubung singkat.

Ketiga
, langsung lepas baterai ponsel setelah terambil dari dalam air. Hal ini di maksudkan agar ponsel tidak mengalami hubungan singkat atau konsleting karena air yang masuk ke dalam PCB atau mainboard ponsel. Hubung singkat? Kenapa bias? Yupz, kaya apapun bentuk ponsel yang anda miliki tetap terbuat darti rakitan beberapa komponen elektronika dan yang pasti ukuran komponen itu jauh lebih kecil dari pada komponen-komponen elektronika yang kita jumpai di pasaran. Ketika terdapat aliran arus listrik dan terdapat konduktor didalamnya maka kemungkinan besar akan terjadi konsleting, apalagi ponsel terbuat dari rangkaian elektronika yang mempunyai jalur dan ukuran yang mini, jadi rawan terhadap hubung singkat. Ingat bahwa air juga termasuk konduktor atau penghantar dan ditambah dengan jarak antar komponen yang sangat rapat.

Keempat
, buka chasing ponsel anda dan bersihkan air yang nampak. Ini juga dilakukan agar LCD ponsel tidak mengalami pengembunan yang bias mengakibatkan kerusakan pada LCD. Jangan lupa juga bersihkan air yang ada dan menempel di baterai ponsel.

Kelima
, Buka chasing, dan baut pcb setelah itu lepas pcb mainboard ponsel dari tulangnya kemudian bersihkan dengan kain kering dan pastikan benar-benar kering. Kalau pake metode penjemuran mungkin butuh 3 hari penjemuran di bawah terik matahari ( dengan catatan LCD hp dilepas ) Angin-anginkan chasing dan tulang ponsel agar kandungan airnya juga hilang. Kalau pengen lebih cepat gunakan hairdryer untuk mengeringkan air yang ada di mainboard ( jangan sekali-kali memanasi bagian LCD, karena akan merusaknya. Untuk lcd cukup di bersihkan pakai kain kering yang lembut ). Bersihkan juga chasing, tulang belakang dan semua komponen kecil yang ada dan menempel di chasing atau tulang belakang ponsel anda. Cukup menggunakan kain atau cukup diangin-anginkan.

Keenam
, setelah yakin kering barulah ponsel dirangkai dan dikembalikan seperti semula. Pastikan tidak timbul korosi di bagian mainboard ponsel anda. Jika timbul korosi bisa dibersihkan menggunakan tinner A special.

Ketujuh
, pasang baterai ponsel dan cobalah untuk menghidupkannya dan pastikan baterai dalam keadaan menyimpan arus. Kalau tidak mau menyala langsung lepas kembali baterai ponsel tersebut. Ketika semua langkah masih belum bisa membuat ponsel anda kembali normal berarti ada komponen yang mengalami kerusakan. Silakan hubungi tempat service terdekat.

NB:
-Jika anda canggung untuk melakukan semua langkah itu, yang cukup anda lakukan hanyalah sampai pada tahap ketiga. Selanjutnya serahkan pada yang ahli dibidang ponsel ( bawa ketempat service ). Paling tidak ini akan mengurangi resiko kerusakan pada komponen yang ada di dalam ponsel anda.
-Semua tips ini akan bekerja jika anda menaati dan menjalankannya sesuai prosedur dan urutannya, dan juga ponsel tidak terlalu lama terendam dalam air (kalau terlalu lama terendam, mungkin sudah terjadi konsleting ).
-Semoga bermanfaat untuk anda.


3 comments:

On 14 February 2010 at 19:48 , Anonymous said...

mangstab bro.....!!!!

 
On 14 February 2010 at 19:49 , Anonymous said...

asem...komentku kok fotone ra ketok?

 
On 14 February 2010 at 20:59 , Senarai Kehidupan said...

Terima Kasih. Insya Allah akan kami tingkatkan kualitas posting untuk kedepannya. Mohon saran dan dukungannya.